A s s a l a m u ' a l a y k u m . . . .

ahlan wa sahlan
mohon di koreksi bila ada yang salah
mudah2n bermanfa'at

Kamis, 01 Januari 2015

AL-QURAN MENURUT SUNNAH RASUL 1 ( Istilah IMAN )

PERISTILAHAN IMAN SE UMUM NYA



Arti Kata 


Perkataan “Iman” adalah mashdar dari kata kerja “aamana” = kata kerja telah, “yu’minu” = kata kerja lagi/akan,” mu’minin” = kata pelaku.


Dan untuk sementara kita artikan “Iman” saja.

Dengan demikian maka “aamana”= telah ber-Iman, “yu’ minu” = lagi/akan beriman, “mukminun” = yang ber-Iman.

Dilihat dari teori pembentukannya maka kata kerja “aamana” adalah kata kerja 3 huruf pokok yang mendapat tambahan satu huruf.

Ilmu Sharaf (Teori Bentuk Kata) memberi dua kemungkinan pembentukan kata kerja “aamana”.

1) Pembentukannya itu adalah dari kata kerja 3 huruf pokok Amuna, amana atau amina sehingga “aamana” disini berarti “percaya, teguh atau tenang”.


2) Dari kata benda yaitu, Iman , yang oleh hadits Ibnu Majah menjelaskan demikian :


Al Imanu , Aqdun bil Qalbi , Wa Iqrarun bil Lisani, wa amalun bil arkani

Artinya :


“Iman ialah tambatan hati yang menggema kedalam seluruh ucapan dan menjelma kedalam segenap laku perbuatan”.

Dan masing-masing dari kedua kemungkinan ini akan memberikan konsekuensi ruang lingkup pengertian yang begitu berbeda dan tajam kepada istilah Iman.

Ruang Lingkup Iman

Hadits Ibnu Majah diatas membuktikan bahwa ruang lingkup Iman mencakup tiga aspek kehidupan manusia, yaitu meliputi seluruh isi hati, seluruh ucapan dan segenap laku perbuatan.


Ketiga aspek tersebut yaitu isi atau ketetapan hati, seluruh ucapan dan segenap laku perbuatan adalah satu kebulatan hidup manusia dalam arti kebudayaan dan peradaban.

Untuk lebih ringkas dan tajam maka masalah bagian isi hati dan ucapan yang memberi dan menyatakan pernilaian dan pandangan, misalnya “Matahari berputar tetap pada sumbunya – Surat 036 Yasin ayat 38 - Wasy syamsu tajri li mustaqarril lahaa dzaalika taqdiirul’aziizil aliim dsb.

Kita simpulkan menjadi pandangan hidup; dan bagian isi hati dan ucapan yang mengenai dan mencakup seluruh laku perbuatan manusia kita simpulkan menjadi sikap hidup.


Dengan demikian maka hadits diatas, untuk lebih singkat dan mendekati hakikinya, kita terjemahkan menjadi Iman ialah Pandangan dan Sikap Hidup. Ruang lingkup Iman ialah Pandangan dan Sikap Hidup ini,

Dengan perkataan lain, oleh Surat 002 Al-Baqarah ayat 165 merumuskan demikian : 



Wa minan naasi may yattakhidzu min duunillaahi andaaday yuhibbuunahum ka hubbillaahi wal ladziina aamanuu asyad-du hubbal lillaahi wa lau yaral ladziina zhalamuu idz yaraunal 'adzaaba annal quwwata lillaahi jamii'aw wa annallaaha syadiidul 'adzaab.


Artinya :


165 “ Dan sebagian manusia adalah orang yang memperlakukan ajaran selain Allah (Al-Qur’an ms Rasul-Nya) menjadi Pembina pandangan & sikap hidupnya. Mereka mencintai yang demikian itu seperti mencintai ajaran Allah ms Rasul-Nya. Tetapi yang benar-benar ber-Iman (hidup berpandangan dan bersikap dengan Al-Qur’an ms Rasul-Nya) adalah sangat rindu untuk hidup dengan ajaran Allah ms Rasul-Nya. Dan jikalaulah yang berlaku dzulumat ms Syayathin itu sudi melihat (dengan pandangan al-Qur’an ms Rasul-Nya) niscaya pada saat itu akan melihat laku perbuatan dzulumat ms syayathin satu siksa nestapa bahwa sebenarnya kekuatan hidup tangguh itu adalah dengan ajaran Allah ms Rasul-Nya secara bulat. Dan Allah, dengan pembuktian Al-Qur’an ms Rasul-Nya, adalah pembalas kehidupan sangat jahat atas pilihan dzulumat ms syayathin biadab”.

Dengan demikian maka istilah Iman ialah pandangan dan sikap hidup sama dengan “ Sangat rindu untuk hidup “ atau “ dipuncak kerinduan “ atau “dilambung cinta / rindu untuk hidup dengan ajaran Allah (Al-Qur’an ms Rasul).

Demikianlah konsekuensinya jikalau kata kerja “aamana-yukminu-mukminun” pembentukan bentuk katanya adalah alternative dari kata benda (isim) yaitu menurut hadis yang kita sitir diatas.

Dan hal ini akan bertolak belakang dengan alternatif pembentukan dari kata kerja tiga huruf pokok. Konsekuensi yang lebih jauh, untuk melogiskan “Iman = percaya” maka sistematik Iman digusur pula menjadi Tauhid, Fikih, Ahlak dan Tasauf.

Akibatnya Al-Qur’an ms Rasul yaitu “hudan lil muttaqien” hampir tidak fungsional dalam kenyataan hidup ini. Kesemua ini otomatis merusak nilai dan harga Iman.


Nilai dan Harga Iman

Dimaksud dengan “nilai” menurut istilah ekonomi ialah kemampuan yang membikin sesuatu menjadi sedemikian rupa.

Seperti misalnya satu liter beras mempunyai kemampuan untuk menghilangkan lapar dan atau membikin kenyangnya dua orang dalam satu waktu tertentu.

Sifatnya berlaku obyektif, yakni tidak tergantung kepada mau atau tidak maunya manusia terhadap yang demikian.

Dari itu nilai mengandung sajian alternatif obyektif. Dan masalah “harga”, juga menurut istilah ekonomi, ialah jumlah yang Orang sedia mengorbankannya untuk mendapat nilai.


Misalnya orang mengorbankan uangnya sejumlah dua ratus rupiah untuk mendapat satu liter beras, uang dan sebagainya yang berfungsi menjadi alat penukar hanya berharga, tetapi harga itu sendiri tidak mengandung nilai yang dimaksud diatas.

Misalnya jikalau orang makan lembaran uang yang berharga dua ratus rupiah diatas dia tidak akan kenyang.


Dari itu maka “harga” hanyalah mengganti “nilai”, dan sifatnya berlaku subyektif, yaitu tergantung kepada suka atau tidak sukanya manusia.

Dengan demikian maka harga mengandung sajian alternatif subyektif. Jadi “nilai Iman” ialah kemampuan isi Iman untuk membikin pendukung atau penyanjungnya menjadi menurut apa yang digambarkan/dijanjikan oleh isi atau materi Iman, yakni Al-Qur’an ms Rasul.“Dunia menjadi hasanah dan diakhirat hasanah”.


Sebaliknya “harga Iman” ialah jumlah yang harus dikorbankan untuk mendapat Iman atau menjadi mukmin yaitu mengorbankan segenap dirinya (nafsun jamaknya anfus/subyektifismenya) dan segenap harta kekayaannya menjadi milik Allah sehingga dia itu menjadi hamba atau abdi kehidupan menurut Allah yaitu menurut petunjuk Allah yakni Al-Qur’an ms Rasul-Nya untuk mencapai jannah atau hasanah.

Dan orang yang demikian dinamakan “mutawakkilun” dan Allah berfungsi “wakilun” atau “waliyyun”.

Perkataan Iman itu sendiri tidak akan menjadi sempurna kecuali jika dihubungkan dengan perkataan lain. Artinya “nilai dan harga Iman” ditentukan oleh sesuatu yang lain.

Dengan lain perkataan maka perkataan “Iman” belum bernilai dan berharga kecuali dia diikat atau digandeng dengan sesuatu yang lain yaitu ajaran atau Ilmu.

Dan sebagai bukti dapat kita ajukan antara lain Surat 002 Al-Baqarah ayat 4, demikian :










Wal ladziina yu'minuuna bi maa unzi-la ilaika wa maa unzila min qablika wa bil aakhirati hum yuuqinuun.

Artinya :


4 “ (yang dinamakan muttaqien) yaitu yang hidup berpandangan dan bersikap dengan yang telah diturunkan ms anda (al-qur’an ms Muhammad SAW), yakni sama dengan yang telah diturunkan ms Rasul-Rasul sebelum anda, dengan mana mereka menyakini mencapai tujuan terakhir (hasanah di dunia dan hasanah di akhirat) dalam keadaan bagaimanapun ”.
Dengan pembuktian ini menjadi jelas bahwa “nilai” dan “harga” dari perkataan Iman ditentukan oleh “yang telah diturunkan ms anda (al-qur’an ms Muhammad SAW)”.

Sebaliknya Al-Qur’an memberi “nilai dan harga” ini tidak hanya dengan Al-Qur’an ms Rasul saja, tetapi bahkan dengan sembarang ajaran apapun.

Sebagai bukti untuk yang demikian dapat kita ajukan antara lain Surat 029 al an - kabut ayat 52 :










Qul kafaa billaahi bainii wa bainakum syahiiday ya'lamu maa fis samaawaati wal ardhi wal ladziina aamanuu bil baa-thili wa kafaruu billaahi ulaa-ika humul khaasiruun

Artinya :

52 “(Tegaskan, hai Muhammad/orang ber-Iman) : “Cukuplah Allah, dengan pembuktian al-Qur’an ms Rasul-Nya, menjadi pemberi kesaksian diantara saya yang hidup berpandangan dan bersikap dengan yang demikian dan kalangan kalian yang hidup berpandangan dan bersikap dengan dzulumat ms sy. Dia (Allah), dengan al-Qur’an ms Rasul-Nya, yang meng-Ilmu-i segala kehidupan organis dan biologis dan begitu kehidupan sosial budaya. Dan mereka yang hidup berpandangan dan bersikap dengan ajaran Bathil, yaitu mereka yang bersikap negative terhadap ajaran Allah (al-Qur’an ms Rasul-Nya) niscaya mereka yang demikian adalah yang hidup rugi/perusak kehidupan dimana sajapun”.

Arti “ajaran bathil” oleh Surat 004 An - Nisaa ayat 51 - 52 dijelaskan demikian :










A lam tara ilal ladziina uutuu nashii-bam minal kitaabi yu'minuuna bil jibti wa thaaghuuti wa yaquuluuna Hi ladziina kafaruu haa-ulaa-i ahdaa minal ladziina aamanuu sabiilaa.

Artinya :

51 “Tidaklah kalian melihat, dengan pembuktian al-Qur’an ms Rasul ini, terhadap mereka yang telah mendapat nasib kehidupan sial dari para ahli kitab, mereka hidup berpandangan dan bersikap menurut ajaran Idealisme dan Naturalisme, dengan mana mereka berkata kepada yang, atas pilihan dz ms sy, bersikap negatif terhadap ajaran Allah ms Rasul-Nya bahwa dibanding dengan mereka yang hidup berpandangan dan bersikap dengan ajaran Allah ms Rasul-Nya, mereka itu memiliki sistem kehidupan yang lebih ilmiah adanya”. (an-Nisa ayat 51).







Ulaa-ikal ladziina la'anahumullaahu wa-may yal'anillaahu falan tajida lahuu nashiiraa.


Artinya :

52 “Yang demikian itu adalah mereka yang, atas pilihan aduk-adukan Nur-dz ms sy, oleh Allah, dengan pembuktian al-Qur’an ms Rasul-Nya, telah melaknatkannya. Sehingga siapapun yang oleh Allah, dengan pembuktian al-Qur’an ms Rasul-Nya, telah melaknatkannya maka pasti akan kalian dapati, bagi mereka yang demikian itu, kelak tidak ada yang mau mengikutinya (S. an-Nisa ayat 52).

Lebih lanjut arti “thagut” yang kita terjemahkan menjadi Naturalisme, oleh Surat 002 Al-Baqarah ayat 257 menjelaskan demikian :











Allaahu waliyyul ladziina aamanuu yukhrijuhum minazh zhulumaati ilan nuuri wal ladziina kafaruu auliyaa-uhu-muth thaaghuutu yukhrijuunahum mi-nan nuuri ilazh zhulumaati ulaa-ika ash-haabun naari hum fiihaa khaaliduun.

Artinya :

257 “Allah, dengan al-Qur’an ms Rasul-Nya, adalah pembimbing mereka yang hidup berpandangan dan bersikap menurut yang demikian, yang membebaskan mereka dari pengaruh dzulumat ms syayathin menuju kehidupan Nur ms Rasul. Sebaliknya mereka yang, atas pilihan dzulumat ms sy bersikap negatif terhadap ajaran Allah ms Rasul-Nya, maka pembimbing mereka itu adalah thagut, yang memutar balik mereka dari Nur ms Rasul menuju dzulumat ms syayathin. Mereka yang demikian itu adalah pendukung kehidupan yang bagaikan si Jago Merah, memusnahkan segala, dimana mereka terus menerus demikian dalam keadaan bagaimanapun”.


Dari pembuktian-pembuktian diatas dapat disimpulkan bahwa al-Qur’an ms Rasul memberikan “nilai” dan “harga” kepada perkataan “Iman” menjadi dua golongan, yaitu “nilai dan harga” Nur ms Rasul dan atau “nilai dan harga” dzulumat ms syayathin.

Surat 017 Bani Israil ayat 9-11 memperjelas masing-masing ini demikian :








Inna haadzal qur-aana yahdii lil latii hiya aqwamu wa yubasysyirul mu'minimal ladziina ya'maluunash shaalihaati anna lahum ajran kabiira.

Artinya :


9. “Sesungguhnya al-Qur’an ms rasul ini memberi pedoman kearah satu kehidupan lebih tangguh yaitu menghamparkan satu kehidupan gembira untuk mukmin yang berbuat tepat menurut yang demikian, bahwa bagi mereka yang demikian adalah satu imbalan kehidupan agung tiada tara”.







Wa annal ladziina laa yu'minuuna bil aakhirati a'tadnaa lahum 'adzaaban aliimaa.

Artinya :

10.“Dan sesungguhnya yang tidak mau hidup berpandangan dan bersikap menurut yang demikian niscaya KAMI, bagi mereka yang demikian, atas pilihan dzulumat ms syayathin, akan menimpakan satu kehidupan azab lagi pedih tiada tara”.









Wa yad'ul insaanu bisy syarri du'aa-ahuu bil khairi wa kaanal insaanu 'ajuulaa.

Artinya :

11.“Dan manusia (terhadap alternatif obyektif dari al-Qur’an ms Rasul ini) dipersilakan melakukan alternatif subyektif dengan dzulumat ms syayathin dengan satu kehidupan celaka, atau dengan Nur ms Rasul dengan satu kehidupan bahagia. Dan adalah manusia itu keburu nafsu dalam pilihan hidupnya”.


Dengan demikian maka nilai dan harga Iman diperinci menjadi Iman yang bernilai dan berharga “hasanah” yakni al-Qur’an ms Rasul dan “sayyi-at” yaitu ajaran-ajaran bathil yakni penyalah gunaan dzulumat ms syayathin,

seperti dibuktikan oleh Surat 098 Al-Bayyinah ayat 1 demikian :










Lam yakunil ladziina kafaruu min ahlil kitaabi wal musyrikiina munfakkiina hattaa ta'tiyahumul bayyinah.

Artinya :


1 “Tidak adalah mereka yang, atas pilihan dzulumat ms syayathin, melakukan berbagai pandangan dan sikap negatif terhadap ajaran Allah ms Rasul-Nya yang terdiri dari para ahlulkitab dan pendukung. Naturalisme (yang hidup dualisme dengan dzulumat ms syayathin) kecuali menjadi penyalah guna dan atau pengaduk dzulumat ms syayathin, setelahnya mereka mendapat satu pembuktian Ilmiah dari Allah ms Rasul-Nya yang demikian patah”.


Dengan demikian arti dari “nilai Iman” disini ditekankan kepada Ilmu atau ajaran, seperti Ilmu dan ajaran Allah yakni al-Qur’an yang mampu membangun pendukungnya kedalam posisi yang dijanjikan yaitu “hasanah di dunia dan di akhirat”.

Sebaliknya Ilmu dan ajaran-ajaran bathil menjerumuskan pendukungnya kedalam kehidupan jahat.


Sedang “harga Iman” ditekankan kepada menurut sunnah Rasul dan yang mendukungnya, yaitu jumlah yang telah mereka korbankan dari seluruh hidupnya hingga mencapai mukmin, atau “menurut sunnah syayathin”, yaitu jumlah yang telah dikorbankan oleh pendung dzulumat menjadi dzalim yakni pengrusakan diri dan kehancuran materi dalam kehancuran segenap kehidupan.

Untuk lebih memperjelas tentang sifat, jenis dan hakikat dari “harga Iman’ maka mari kita petik kembali Surat 009 At-Taubah ayat 111 :













Innallaahasy taraa minal mu'miniina an-fusahum wa amwaalahum bi anna la-humul jannata yuqaatiluuna fii sabiilil-laahi fa yaqtuluuna wa yuqtaluuna wa'-dan 'alaihi haqqan fit tauraati wal injiili wal qur-aani wa man aufaa bi 'ahdihii minallaahi fas tabsyiruu bi bai'ikumul ladzii baaya'tum bihii wa dzaalika huwal fauzul 'azhiim.

Artinya :

111 “Sebenarnya Allah, dengan al-Qur’an ms Rasul-Nya, telah membeli dari mukmin (yang hidup berpandangan dan bersikap dengan al-Qur’an ms Rasul) dirinya (termasuk ke akuan nya) dan seluruh harta kekayaannya (menjadi milik Allah), bahwa bagi mereka yang demikian itu berhak atas jannah (satu kehidupan hasanah di dunia dan hasanah di akhirat), dimana mereka siap tempur untuk ketahanan penataan ajaran Allah (al-Qur’an) ms Rasul-Nya sehingga mereka mampu membunuh dan sedia dibunuh, merupakan satu ikatan janji menurut-Nya yang secara obyektif tersebut didalam Taurat ms Musa, didalam Injil ms Isa, dan didalam al_Qur’an ms Rasul Muhammad SAW. Dan siapa yang sudah menyempurnakan Imannya menjadi satu ikatan janji dengan ajaran Allah (al-Qur’an) ms Rasul-Nya (Piagam Aqabah II) maka gembirakanlah mereka, sesuai dengan yang kalian menjanjikan mereka dengan al-Qur’an ms Rasul, menjadi satu ikatan perjanjian diantara kalian (Piagam Yastrib). Dan yang demikian itu Dia (Allah), dengan al-Qur’an ms Rasul-Nya, adalah Pembina kemenangan hidup tiada tanding”.

Dengan demikian, dari hasil pembuktian “nilai dan harga Iman” maka terbukalah jalan untuk memberi definisi tentang Iman yang mendekati secara obyektif.


Definisi Iman

Berdasar pembuktian-pembuktian diatas maka kita tarik definisi Iman menjadi sebagai berikut :

1) Iman, secara umum, ialah pandangan dan sikap hidup dengan ajaran Allah (al-Qur’an) ms Rasul dan atau dengan ajaran-ajaran selainnya yakni ms syayathin. Dan orang yang demikian dinamakan mukmin seumumnya.

2) Iman, secara khusus, ialah pandangan dan sikap hidup dengan ajaran Allah (al-Qur’an) ms Rasul, dinamakan Iman yang haq(obyektif).

Dan orang yang demikian dinamakan mukmin yang haq artinya mukmin yang obyektif dengan al-Qur’an ms Rasul sebaliknya pandangan dan sikap hidup dengan ajaran-ajaran selain Allah (al-Qur’an) ms Rasul, yakni ms syayathin ialah Iman bathil atau kufur.

Dan orang yang demikian dinamakan mukmin bathil atau kafir.


Untuk mudahnya maka arti structural (bangunan) Iman dimaksud diatas, baik secara umum maupun secara khusus, kita tuang dalam bentuk sket segitiga sama sisi, sebagai berikut :



Sket Struktural Iman



Keterangan :

A = Allah, perancang dan pemastian kehidupan (qadiirun).


B = Kenyataan hidup nabi Muhammad Rasulullah, pola atau bentuk contoh kehidupan dari ajaran Allah (uswatun hasanah).


B1 = Al-Qur’an sebagai Imam

B2 = Kenyataan hidup mukmin yang obyektif dengan al-Quran ms Rasul yang oleh Nabi Muhammad dinyatakan “Sahabatku di Jannah”.

C = Kenyataan alam organis, biologis dan gaya yang tergantung kepada Allah.


ABC = (yang terperinci menjadi AB1C dan AB2C) = Nur ms Rasul yaitu pantulan terang dari Al-Qur’an ms Rasul (Nurun “Ala).

BE = Dzulumat dalam arti bayangan yaitu pantulan gelap yang bertolak belakang dengan pantulan terang dinamakan Nurin.

BDE = Sudut memandang dzulumat yang obyektif dari Allah ms Rasul-Nya.

BED = Sunnah Syaitahn, laknatullah wal malaikat wan naasi ajma’in (Surat Baqarah ayat 161).

BDC = Salah satu alternative, secara d’efect, menjadi aduk-adukan pandangan Nur-dzulumat (ABC-BDE), dalam bentuk kadzdzaba menjadi model ketiga, ialah idealisme.


CF = Dzulumat ialah bayangan yaitu pantulan gelap dari kenyataan alam.

CDF = Sudut memandang dzulumat secara obyektif Ilmiah dengan Al-Qur’an ms Rasul.

FDC = Salah satu lternative lain, secara reflex, dalam bentuk tawalla CDF menjadi semodel bathil.

ED dan FD = Segala daya upaya aduk-adukan Nur-dzulumat dan atau penyalah gunaan dzulumat menjadi semodel bathil (DC), dinamakan “khutuwatis syaithan = strategi dan taktik pilihan dzulumat ms syayathin.

DC = Hasil aduk-adukan Nur-dzulumat (ABC-BDE) menjadi BDC dan atau penyalahgunaan dzulumat (CDF) menjadi FDC, keduanya menjadi semodel bathil.

Untuk lebih mempertajam arti sudut BDE dan atau CDF yang ditumpang tindih diatas BDC sehingga menjadi Bathil (aduk-adukan Nur-dzulumat dan atau penyalah gunaan dzulumat ms syayathin) ialah satu Qadar atau Taqdir Syar (rancangan dan kepastian hidup jahat) atau “arbaaban min duunillaahi” maka kita petik Surat 015 al - Hijir ayat 43 dan 44 demikian :








Wa inna jahaannama la mau'iduhum ajma'iin.

Artinya :

43. “Maka sesungguhnya jahannam adalah benar-benar menjadi tempat kepastian mereka yang berpandangan dan bersikap dzulumat as syayathin semuanya”.









Lahaa sab'atu abwaabil li kulli baabim minhum juz-um maqsuum.

Artinya :

44. Ujudnya itu (jahannam) adalah sejenis bangunan bertingkat tujuh dimana masing-masing tingkatannya itu adalah bagian golongan tertentu”.

Dan untuk mudahnya maka Qadar atau Taqdir Syar ini kita sket menjadi sebagai berikut :



Sket Taqdir Syar / Sosial Piramidal Sistem kehidupan saling gusur, saling todong, saling peras memeras, saling menghina dan memiskinkan, kehidupan buah simalakama, dsb.


Perbandingan Istilah


Istilah Kafara – yakfuru – kafran – kufran – kufuran – kafirun , artinya berpandangan dan bersikap dzulumat ms syayathin dan berlaku negatif terhadap ajaran Allah (al-Qur’an) ms Rasul.

Secara umum sama dengan istilah Kadzaba – yakdzibu – kadzban – kadzibun atau kadzdzaba – yukadzibu - takdziban – mukadzibun artinya secara umum juga berpandangan dan bersikap dengan dzulumat ms syayathin,

tetapi secara khusus = mendustakan ajaran Allah (al-Qur’an) ms Rasul dengan jalan mengaduk-aduk atau melacur ajaran Allah (al-Qur’an) ms Rasul sehingga membentuk model ketiga (maghdub) yang beralamat dari Allah, padahal bikinannya sendiri dengan motif sepiring nasi.

Sedangkan Kafara adalah kelanjutan dari kerja Kadzdzaba, yaitu memaling ajaran Allah (dzulumat) hingga menjadi penemuan/ciptaan sendiri dalam bentuk bathil.

Surat Al-Fatihah menyebut Kafara = Dhalliin. Jadi Kadzaba secara umum, berlaku sama baik untuk kafara maupun bagi kadzaba dan kadzdzaba seperti dimaksud dalam Surat 029 Al-Ankabut 12-13 :








Wa qaalal ladziina kafaruu lil ladziina aamanut tabi'uu sabiilanaa wal nahmil khathaayaakum wa maa hum bi haamilii-na min khathaayaahum min syai-in inna-hum la kaadzibuun.

Artinya :


12 “Yaitu berkatalah mereka yang, atas pilihan dzulumat ms syayathin, berlaku negatif terhadap yang hidup berpandangan dan bersikap dengan ajaran Allah (al-Qur’an) ms Rasul-Nya : “Mari masuk organisasi (sabil) kami niscaya kelak kami akan menanggulangi setiap beban/kesulitan hidup kalian !. dan sebenarnya mereka itu bukannya mau menanggulangi / memecahkan beban / kesulitan orang lain tetapi sebenarnya mereka itu adalah pelacur (pengaduk-aduk) kesulitan hidup dimanapun”.









Wa la yahmilunna atsqaalahum wa ats-qaalam ma'a atsqaalihim wa la yus-alunna yaumalqiyaamati 'ammaa kaanuu yaftaruun.


Artinya :

13 “Yakni sebenarnya mereka, atas pilihan dz ms sy, melacurkan (memboncengi) beban / kesulitan hidupnya menjadi beban yang lain yaitu satu penambahan beban atas yang lain yang sudah demikian berat hidupnya. Maka pasti kelak mereka, dikala qiyamah sudah tiba, akan diminta pertanggungan jawab perihal apa yang adalah mereka, atas piliah dz ms sy, mengelabui siapapun”.

Istilah Syirkun dalam arti sempit adalah aduk-adukan, sama dengan Kadzdzaba secara khusus, yang oleh Surat 042 Asy Syura ayat 13 menegaskan demikian :













Syara'a lakum minad diini maa washshaa bihii nuuhaw wal ladzii auhainaa ilaika wa maa washshainaa bihii ibraahiima wa muusaa wa 'iisaa an aqiimud diina wa laa tatafarraquu fiihi kabura 'alal musyrikii-na maa tad'uuhum ilaihi allaahu yajtabii ilaihi may yasyaa-u wa yahdii ilaihi may yuniib.

Artinya :

13 “Dia (Allah), dengan al-Qur’an ms Rasul-Nya, menata kehidupan kalian menurut satu penataan (Dinul Islam) yang Dia telah mengajarkannya menurut sunnah Muhammad SAW. Sehingga apa yang telah Kami wahyukan (al-Qur’an) ms Rasul anda ( Muhammad SAW). “Yaitu yang Kami telah mewasiatkannya menurut sunnah Ibrahim, Musa, dan sunnah Isa : “Agar kalian membangun din ini (Islam) menjadi penataan hidup kalian dan jangan dengan dzulumat ms syayathin yang pecah belah”. Dari itu maka dakwah mereka yang aduk-adukan Nur-dzulumat ms syayathin (Yahudi dan Nashara yang mendakwa kitab perjanjian lama dan perjanjian baru warisan Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Daud dan Nabi Ismail, termasuk Arab jahiliah yang mendakwa hidupnya itu adalah menurut warisan Nabi Ibrahim melalui Nabi Ismail, kenyataan semuanya sudah lain dari al-Qur’an ms Rasul ini) adalah bual besar. Allah, dengan al-Qur’an ms Rasul-Nya, memberikan satu pilihan ( mau Nur atau dzulumat) bagi siapa yang mau menurut Nya itu. Yaitu Dia, dengan al-Qur’an ms Rasul-Nya, memberikan pedoman hidup bagi siapa yang mau menjadi mutawakkilun menurut-Nya”.


Istilah Walla dan Tawalla, arti leterleknya berpaling/menyeleweng. Tetapi secara umum baik yang menyalahgunakan dz ms sy maupun yang mengaduk-aduk Nur - dz ms sy, keduanya sama-sama menyelewengkan dz ms sy.


Istilah Munaafikun dan Mudzabdzabin , artinya bermuka dua atas pilihan dz ms sy terhadap yang Nur ms Rasul.

Hal mana oleh Surat 004 An-Nisa ayat 137-143 dan 145 menggambarkan demikian 










Innal ladziina aamanuu tsumma kafaruu tsumma aamanuu tsumma kafaruu tsum-maz daaduu kufral lam yakunillaahu li yaghfira lahum wa laa li yahdiyahum sa-biilaa.


Artinya :

137. “Sebenarnya yang telah menyatakan diri hidup berpandangan dan bersikap dengan ajaran Allah menurut sunnah Rasul-Nya, selanjutnya atas pilihan dz ms sy bersikap negative terhadap ajaran Allah ms Rasul-Nya, selanjutnya dia balik lagi menyatakan hidup berpandangan dan bersikap dengan ajaran Allah ms Rasul-Nya, kemudian dia, atas pilihan dzulumad menurut sunnah syayathiin berlaku negative terhadap ajaran Allah, akhirnya makin menjadi-jadi sikap negatifnya terhadap ajaran Allah ms Rasul-Nya. Sehingga Allah, dengan ajaran-Nya (al-Qur’an menurut sunnah Rasul-Nya) tidak akan mempedomani lagi kehidupan mereka satu penataan hidup (Dinul Islam) menurut-Nya”.








Basysyiril munaafiqiina bi anna lahum 'adzaaban aliimaa.

Artinya :

138. “Maka dengan pembuktian al-Qur’an ms Rasul ini) peringatkan mereka yang atas pilihan dz ms sy, hidup bermuka dua terhadap ajaran Allah (al-Qur’an ms Rasul-Nya) bahwa bagi mereka yang demikian adalah satu kehidupan nista yang demikian pedih tiada tanding”.











Alladziina yattakhidzuunal kaafiriina auliyaa-a min duunil mu'miniina a yabta-ghuuna 'indahumul 'izzata fa innal 'iz-zata lillaahi jamii'aa.

Artinya :

139. “Mereka yang mengambil orang yang memilih dz ms sy dan bersikap negative terhadap ajaran Allah ms Rasul-Nya menjadi pemimpinnya selain dari kalangan yang hidup berpandangan dan bersikap dengan ajaran Allah ms Rasul-Nya, dapatkah mereka mengharapkan satu kehidupan mulia/agung dari pangkuan mereka yang demikian itu ? maka sesungguhnya kehidupan mulia / agung itu hanyalah dengan ajaran Allah ( Al-Quran ) menurut sunnah Rasul-NYA se-bulat-bulatnya!”.










Wa qad nazzala 'alaikum fil kitaabi an idzaa sami'tum aayaatillaahi yukfaru bihaa wa yustahza-u bihaa fa laa taq'u-duu ma'ahum hattaa yakhuudhuu fii hadiitsin ghairihii innakum idzam mitslu-hum innallaaha jaami'ul munaafiqiina wal kaafiriina fii jahannama jamii'aa.

Artinya :


140. “Dan sebenarnya Dia telah menurunkan atas kalian didalam kitab ini (al-Qur’an ms Rasul-Nya), bahwa bila kalian melaksanakan garis “sami’na” ajaran Allah menurut pembuktian sunnah Rasul-Nya ada orang yang atas pilihan dz ms sy, berlaku negatif terhadap yang demikian yaitu mengolok-olokkannya, maka janganlah kalian, dengan pilihan Nur (al-Qur’an) ms Rasul ini, duduk sebangku bersama mereka yang demikian, sebaliknya akan menjerumuskan kalian kedalam ajaran selain al-Qur’an ms Rasul-Nya, niscaya kalianpun menjadi semodel mereka. Sesungguhnya Allah, dengan pembuktian al-Qur’an ms Rasul-Nya, adalah penghimpun orang-orang kafir dan munafiq kedalam kehidupan jahannam semuanya”.













Alladziina yatarabbashuuna bikum fa in kaana lakum fat-hum minallaahi qaaluu a lam nakum ma'akum wa in kaana lil kaafiriina nashiibun qaaluu a lam nastah-widz 'alaikum wa namna'kum minal rau'-miniina fallaahu yahkumu bainakum yau-mal qiyaamati wa lay yaj'alallaahu lil kaafiriina 'alal mu'miniina sabiilaa.

Artinya :



141. “Mereka yang, atas pilihan dz ms sy, mencari peluang didalam kehidupan kalian yang Nur (al-Qur’an) ms Rasul ini. Maka jikalau adalah kalian sudah mendapat satu kemenangan hidup dengan ajaran Allah ms Rasul-Nya niscaya mereka terus saja membual kata : “Bukankah kami ini jama’ah kalian ? Tetapi jikalaulah kemujuran hidup itu lagi ditangan orang yang, atas pilihan dz ms sy bersikap negatif terhadap ajaran Allah ms Rasul-Nya ini niscayalah mereka juga membual kata : “Bukankah kami tidak mengharapkan kekalahan atas kalian yaitu kami melindungi kalian dari (serangan) orang-orang yang hidup berpandangan dan bersikap dengan ajaran Allah ms Rasul-Nya?!!. Maka Allah, dengan pembuktian al-Qur’an ms Rasul-Nya, menghukum diantara kalian pada hari qiyamat, yaitu Allah, dengan pembuktian al-Qur’an ms Rasul-Nya, tidak pernah memberi jalan bagi yang kafir atas yang beriman”.








Innal munaafiqiina yukhaadi'uunallaaha wa huwa khaadi'uhum wa idzaa qaamuu ilash shalaati qaamuu kusaalaa yuraa-uunan naasa wa laa yadzkuruunallaaha illaa qaliilaa.

Artinya :


142. “Sebenarnya orang-orang yang bermuka-dua dengan pilihan dz ms sy terhadap yang Nur (al-Qur’an) ms Rasul adalah mereka yang mengelabui ajaran Allah ms Rasul-Nya. Dan Allah, dengan pembuktian al-Qur’an ms Rasul-Nya, pemungkas tipu daya mereka itu. Yaitu mereka dikala tegak melakukan ahalat hanyalah tegak bisu sekedar memperlihatkan kepada manusia, yaitu tidak pernah menyadarkan diri untuk hidup dengan ajaran Allah ms Rasul-Nya kecuali hanya sekilas saja”.








Mudzabdzabiina baina dzaalika laa ilaa haa-ulaa-i wa laa ilaa haa-ulaa-i wa may yudhlilillaahu fa Ian tajida lahuu sabiilaa.


Artinya :


143. “Menjadi orang yang bermuka dua (mudabdabin) diantara yang demikian. Tidak masuk golongan mereka yang hidup berpandangan dan bersikap dengan ajaran Allah ms Rasul-Nya juga buka golongan yang hidup dzulumat (Naturalisme) menurut sunnah syayathin”.






Innal munaafiqiina fid darkil asf ali minan naari wa Ian tajida lahum nashiiraa.

Artinya :


145. “Sebenarnya orang yang bermuka dua terhadap Nur ms Rasul dan atau dz ms sy (magduub) adalah alas lantai nar dari kehidupan yang benar-benar hidup dz ms sy sehingga akan kalian dapati bahwa bagi yang demikian itu tidak pernah mendapat pendukung yang sebenarnya”.

Demikianlah modelnya, Munafiqun, Mudabdabin dan Mukadzibun dalam arti sempit.

Tetapi dalam arti umum biasa saja yang benar-benar dz ms syayathin (Naturalisme) pun berwajah Munafiqun, Mudabdabin dan Mukadzibun, sebagai musang berbulu ayam untuk missi mengacau balau/menghancurkan Iman dari dalam.

Istilah Murtad, yaitu bolak balik dari satu agama dan atau berpindah agama, dilihat dari sudut agama yang dia tinggalkan.Masalah Munafiqun, Mudabdabin dan Mukadzdzibun, dalam arti sempit sama dengan bermuka dua, aduk-adukan, tidak menentu atau kesasar dzulumat ms sy, juga dinamakan golongan ketiga.

Oleh Surat 009 Taubah ayat 118 menegaskan demikian :









Wa 'alats tsalaatsatil ladziina khullifuu hattaa idzaa dhaaqat 'alaihimul ardhu bi maa rahubat wa dhaaqat 'alaihim anfu-suhum wa zhannuu al laa malja-a minal-laahi illaa ilaihi tsumma taaba 'alaihim li yatuubuu innallaaha huwat tawwaabur rahiim.

Artinya :


118. “Dan atas golongan ketiga, yang dipandang telah membelakangi ajaran Allah ms Rasul-Nya, sehingga dikala bumi yang demikian luas menjadi sempit atas mereka yang demikian yaitu mereka menjadi panik dan mengira bahwa tidak ada tempat pelarian kecuali dengan ajaran Allah ms Rasul-Nya, maka Dia memberikan satu jalan taubat atas mereka yang demikian guna mereka melakukan taubatnya, sesungguhnya Allah, Pembina taubat lagi pemasti satu kehidupan saling kasih sayang”.

Dengan perkataan lain Munafiqun, Mudabdabin dan Mukadzdzibun ini dalam arti sempit dinamakan juga bermanis muka atau bunglon, oleh Surat 070 Ma’arij ayat 36-39 menyatakan demikian : 






Fa maa lil ladziina kafaruu qibalaka muhthi'iin. 

Artinya :


36. “Maka gerangan apa mereka yang, atas pilihan dz ms sy itu, bermanis muka terhadap kalian yang hidup berpandangan dan bersikap dengan ajaran Allah ms anda (Muhammad) ?!







'Anil yamiini wa 'anisy syimaali 'iziin.

Artinya :

37. “Juga yang menjadi bunglon, terhadap yang Nur (al-Qur’an) ms Rasul dan atau terhadap yang dzulumat (Naturalisme) ms syayathin?!







A yathma'u kullum ri-im minhum ayyud-khala jannata na'iim.


Artinya :

38. “Apakah setiap orang dari kalangan mereka yang demikian (munafiq) mengira bahwa mereka itu akan mendapat satu kehidupan jannah yang demikian nikmat tiada tanding?!









Kallaa innaa khalaqnaahum mim maa ya'lamuun.

Artinya :

39. “Tidak bakal : Sebenarnya Kami (Allah) dengan pembuktian al-Qur’an ms Rasul Kami, membikin mereka menurut apa yang mereka meng-ilmui-nya”.


Sejajar dengan Munafiqun, Mudabdabin dan Mukadzdzibun adalah Jahiliyah ialah “Iman dengan apa yang dia tidak pernah mengetahui/menguasainya”, dan pendukungnya adalah jahil, oleh Surat 031 Luqman ayat 20-21 menegaskan demikian :










A lam tarau annallaaha sakhkhara lakum maa fis samaawaati wa maa fil ardhi wa asbagha 'alaikum ni'amahuu zhaahira-taw wa baathinataw wa minan naasi may yujaadilu fillaahi bi ghairi 'ilmiw wa laa hudaw wa laa kitaabim muniir.

Artinya :

20. “Tidakkah kalian melihat bahwa Allah, dengan pembuktian al-Qur’an ms Rasul-Nya, telah membikin segala apa yang diruang angkasa dan segala apa yang dibumi ini untuk kepentingan hidup kalian, begitu Dia, dengan ajaran-Nya (al-Qur’an ms Rasul-Nya), menghamparkan atas kehidupan kalian ciptakan-Nya itu menjadi satu kemantapan lahir (iqrarun bil lisaani wa ‘amalun bil arkan) dan batin (‘aqdun bil qalbi). Dan sebagian manusia adalah yang bantah membantah perihal ciptaan Allah itu dengan tanpa alasan ilmiah yaitu tanpa pedoman hidup yakni tanpa satu buku pegangan yang memberikan satu pandangan hidup”.









Wa idzaa qiila lahumuttabi'uumaa anza-lallaahuqaaluubal nattabi'u maa wajad-naa 'alaihi aabaa-anaa a walau kaanasy syaithaanu yad'uuhum ilaa 'adzaabis sa'iir.


Artinya :


21. “Dan apabila kepada mereka yang demikian itu disampaikan : “Mari (hidup) mengikuti menurut yang Allah turunkan (al-Qur’an ms Rasul-Nya)!, mereka lantang menjawab : “Sebaliknya, kami hidup mengikuti suatu (tradisi) yang kami mewarisinya dari nenek moyang kami, sekalipun yang demikian itu adalah da’wah syaithan kearah satu kehidupan azab Nar.


Penggolongan Iman secara tajam menjadi Iman Haq dan Iman Bathil, oleh Surat 056 Waqiah dinamakan ashabul maimanah / ashabul yamin (golongan kanan) untuk mukmin dan ashabul masy-amah / ashabus syimal (golongan kiri) untuk mukmin bathil atau kafir.

Dan yang satu lagi ialah as saabiquunas saabiquun (golongan terdahulu lagi utama). Kesemuanya oleh Surat 056 Waqiah ayat 7-14, 27, 38-41 dan 51, menegaskan demikian :









Wa kuntum azwaajan tsalaatsah.

Artinya :

7. “Dan semua kalian, menurut satu pilihan masing-masing, menjadi tiga golongan.






Fa ash-haabul maimanati maa ash-haabul maimanah.


Artinya :


8. “Yaitu ashabul maimanah ( gol kanan), dan apakah yang dimaksud dengan ashabul maimanah?








Wa ash-haabul masy-amati maa ash-haabul masy-amah

Artinya :


9. “Dan ashabul masy-amah (golongan kiri), dan tahukah kalian apa yang dimaksud dengan ashabul masy-amah?







Was saabiquunas saabiquun

Artinya :


10. “Dan as-saabiquunas saabiquun (golongan terdahulu lagi utama).








Ulaa-ikal muqarrabuun

Artinya :

11. “Adalah mereka (gol. Terdahulu lagi utama) yang berdarah-daging dengan ajaran Allah (al-Qur’an) ms Rasul-Nya.









Fii jannaatin na'iim.


Artinya :


12. “(Ujud kehidupan dengan al-Qur’an ms Rasul) menjadi bagaikan aneka macam kebun didalam satu taman yang merindangkan kepuasan tiada tanding”.








Tsullatum minal awwaliin


Artinya :

13. “Jumlahnya itu (yang pada kurun I) adalah lebih banyak dari yang sebelumnya”.






Wa qaliilum minal aakhiriin

Artinya :


14. “Tetapi sedikit sekali dibanding dengan yang terakhir (kurun kedua)”.







Wa ash-haabul yamiini maa ash-haabul yamiin

Artinya :


27. “Maka ashabul yamin (golongan kanan) dan tahukah kalian apa yang dimaksud dengan golongan kanan?.








Li ash-haabil yamiin.

Artinya :


38. “(Kesemuanya itu adalah corak ragam kehidupan) bagi golongan kanan”.







Tsullatum minal awwaliin

Artinya :


39. “Jumlahnya itu (pada kurun pertama) adalah lebih banyak dari sebelumnya”.








Wa tsullatum minal aakhiriin.

Artinya :

40. “Juga jumlahnya itu (pada kurun pertama) adalah lebih banyak dibanding dengan yang terakhir (pada kurun kedua)”.









Wa ash-haabusysyimaali maa ash-haabusy


Artinya :

41. “Dan ashabus syimal ( golongan kiri ), tahukah kalian apa yang dimaksud dengan ashabus syimal ? “








Tsumma innakum ayyuhadhdhaalluunal mukadzdzibuun

Artinya :


51. “(dengan segala corak ragam kehidupan diatas) akhirnya, sebenarnya, wahai kalian yang demikian itu, adalah pelaku dzulumat lagi yang melacur Nur-dz ms syayathin”.


Surat Waqiah diatas membuktikan bahwa keseluruhan kehidupan manusia disepanjang sejarah, dilihat dari sudut tanggapan ilmunya, menjadi mukmin dan kafir.

Selanjutnya, dilihat dari sudut kemantapan tanggapan ilmunya, maka : Mukmin dibagi menjadi assabiqunasaabiqun, yang bagaikan sejenis tonggak atau sokoguru kehidupan kebudayaan secara ilmiah di sepanjang sejarah, dan semua mukmin yang lain menjadi sayap kanannya (ashabul yamin).


Kafir, dibagi menjadi dalam arti sempit yaitu yang benar-benar dzulumat ms syayathin, menjadi sayap kiri (ashabus syimal) dari assabiqunas sabiqun.

Sedang kafir dalam arti umum, dimaksud disini ialah munafiq, mukadzibun atau mudabdabin, menjadi ular berkepala dua / tombak bermata dua atau bunglon, yaitu sayap kanan dari sayap kiri (“Anis Yamin wa ‘anis syimal – Ma’arij 37), atau sayap kiri yang tersembunyi dari assabiqunas sabiqun dan ashabul yamin-nya.

Akhirnya perlu ditegaskan dalam persoalan Iman ini, teristimewa untuk Iman yang haq, bahwa hakikat Iman ini adalah satu alternatif dari penguasaan ilmunya yakni al-Qur’an as Rasul, yang oleh Surat 042 Asy Syura ayat 52 dan 53, membuktikan demikian :












Wa ka dzaalika auhainaa iJaika ruuham min amrinaa maa kunta tadrii maJ kitaabu wa lal iimaanu waJaakin ja'aJnaa-hu nuuran nahdii bihii man nasyaa-u min 'ibaadinaa wa innaka la tahdii ilaa shiraatim mustaqiim

Artinya :


52. “Maka begitulah Kami (Allah) mewahyukan al-Qur’an ms Rasul anda (Muhammad) menjadi jiwa (pembangkit) perintah Kami. Kalian tidak menguasai apa isi kitab al-Qur’an ms Rasul ini niscaya kalian tidak mempunyai iman, sebaliknya Kami menjadikannya (al-Qur’an ms Rasul) dengan nama Kami memberikan pedoman hidup bagi siapa dari abdi abdi kehidupan yang mau dengan yang Kami kehendaki ms Rasul Kami. Dan sebenarnya anda (Muhammad), dengan al-Qur’an ms anda ini, memberikan satu pedoman kearah satu penataan tangguh tiada tanding”.










ShiraathilJaahil Iadzii Iahuu maa fis sa-maawaati wa maa fil ardhi ajaa ilalJaahi tashiirul umuur

Artinya :


53. “Tata kehidupan dari ajaran Allah yang menurut itulah, berlaku segala apa yang ada didalam ruang angkasa dan dibumi ini. Ketahuilah, dengan ajaran Allah ms Rasul-Nya, beredar segala urusan kehidupan ini”


Demikianlah Iman ialah pandangan dan sikap hidup dilihat dari sudut kenyataan hidup Amalun atau aqdun dan Ikrar bil lisan adalah perujudan dari hasil penguasaan ilmu menjadi permukaan dalam dari kenyataan hidup yang terkenal dengan istilah “tanggapan” .

Arti tanggapan atau tanggapan tujuan yaitu “niyat” (sama dengan maksuudun ialah yang dimaksud yakni yang mau dilakukan untuk mencapainya), sehingga hidup ini adalah satu alternatif dari satu pilihan ilmunya, oleh hadis jumhur menegaskan demikian :

................................................. “Sesungguhnya segala laku-perbuatan itu sudah menurut satu tanggapan tujuan (niyat yakni satu alternatif ilmu). Dan pasti bagi setiap manusia adalah hidup menurut apa yang ia menanggapinya (dari satu alternatif ilmunya).


Maka siapa yang hidupnya itu pindah (hijrah) kepada ajaran Allah (al-Qur’an) ms rasul-Nya maka bentuk laku perbuatannya (hasil perubahan dari yang lain itu) harus menurut ajaran Allah (al-Qur’an) ms Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya itu adalah mengikuti lingkungan dunianya (Naturalisme dan Idealisme) niscaya menurut istilah mendapat model laku perbuatannya.

Atau jika menurut lingkungan sex, maka laku perbuatannya itu hanyalah dari kawin ke kawin saja. Maka model laku perbuatan setiap manusia (hasil hijrahnya) adalah mengikuti apa kearah mana ia mengarahkan hidupnya”.

Demikianlah lengkapnya definisi Iman yang sebenarnya dengan al-Qur’an ms Rasul, yang oleh Nabi Muhammad SAW telah mengajarnya pada permulaan abad ke-7M. dan tanggapan abad ke-20 menjadi Iman & percaya adalah satu produk sejarah oleh tangan-tangan kotor manusia, mari kita kaji persoalannya dalam sejarah Iman

BERSAMBUNG....................................................................................

4 komentar :

  1. Salam Uztaz, saya ingin meminta pencerahan dalam hal berikut:

    1. ROH ALLAH DALAM ADAM.

    بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

    فَإِذَا سَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِنْ رُوحِي فَقَعُوا لَهُ سَاجِدِينَ

    Setelah sempurna jasadnya Aku tiupkan Roh ciptaanKu maka hendaklah bersujud.

    Al-Hijr 29.

    2. JIWA YANG TENANG.

    بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

    يَا أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ ﴿٢٧﴾ ارْجِعِي إِلَىٰ رَبِّكِ رَاضِيَةً مَّرْضِيَّةً ﴿٢٨﴾ فَادْخُلِي فِي عِبَادِي ﴿٢٩﴾ وَادْخُلِي جَنَّتِي ﴿٣٠﴾

    Ya jiwa yang tenang, kembalilah kepada Penguasamu dengan kepuasan dan keredaan, kekal abadi berasama jemaah di Jannah.

    (QS al-Fajr [89]:

    3. QARIN.

    بسم الله الرحمن الرحيم

    وَمَن يَعْشُ عَن ذِكْرِ ٱلرَّحْمَٰنِ نُقَيِّضْ لَهُۥ شَيْطَٰنًا فَهُوَ لَهُۥ قَرِينٌ ﴿٣٦﴾

    Sesungguhnya setiap manusia disertakan oleh Allah dengan
    Qarin yang sentiasa didampingi syaitan.

    Surah Zukhruf 43:36.

    4. SIJJIN.

    بسم الله الرحمن الرحيم

    كَلَّا إِنَّ كِتَابَ الفُجَّارِ لَفِي سِجِّينٍ

    Setiap kemungkaran tercatit di dalam kitab Sijjin.

    Al Muthaffin 7

    5. ILLIYYIN.

    بسم الله الرحمن الرحيم

    كَلَّا إِنَّ كِتَابَ الْأَبْرَارِ لَفِي عِلِّيِّينَ

    Setiap kebaikan yang dilakukan tercatit di dalam kitab ‘Illiyyin.

    Al Muthaffin 18

    6. BARZAKH.

    بسم الله الرحمن الرحيم

    لَعَلِّي أَعْمَلُ صالِحاً فيما تَرَكْتُ كَلاَّ إِنَّها كَلِمَةٌ هُوَ قائِلُها وَ مِنْ وَرائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلى‏ يَوْمِ يُبْعَثُونَ َ

    Kebalikanlah aku semula ke dunia supaya aku boleh beramal semula, sedangkan dia telah berada di Barzakh suatu alam yang terdinding di antara dunia dan akhirat sehingga kepada hari akan dibangkitkan.

    Al Mukminun : 100.

    > Allah meniupkan ROH ciptaannya ke jasad Adam.

    > Jiwa yang tenang dijemput semula oleh Allah ke Jannah.

    > Perbuatan baik disimpan di Illiyyin.

    > Perbuatan jahat disimpan di Sijjin.

    > Qarin atau yang engkar disimpan di Barzakh.

    QALBI ATAU HATI ITU DI SIMPAN MANA USTAZ? ADAKAH KEMUNGKINAN QARIN ITU ANNAR IAITU KEJADIAN IBLIS, SYAITAN DAN JIN, MANAKALA QALBI ITU ANNUR IAITU KEJADIAN MALAIKAT???

    Sekiranya Roh Allah dijemput semula ke Jannah...apa pula yang dibakar di Jahannam???

    BalasHapus
  2. Alqur'an menurut sunnah rasul
    Dari muhammad daud isa ya pak?

    BalasHapus
  3. Mudah2an saya menjadi menurut ilmu allah yakni al-qur'an menurut sunnah rasul sebagai suatu pemberi kepastian hidup masing2.

    BalasHapus

Translate